Sunday, June 16, 2013

The day will come, InsyaAllah :)

“tapi aku ingin tetap di sini, karena kuingat janjimu Tuhan, kalau aku datang dengan berjalan, engkau akan menyambutku dengan berlari-lari” 

SBMPTN akan gw hadapi hanya dalam itungan waktu. Dua hari. Yup, secepet itu waktu berjalan, tapi rasanya gw masih belum ada apa-apa nya, rasanya masih 'kosong', rasanya masih belum siap. Siap otak? Pinter bgt juga nggak. Siap mental? Wah apalagi, lebih parah. 

Gw mau cerita dari awal tentang perjalanan gw cari kuliah. Pada awalnya mimpi gw adalah masuk NTU. Pada tau kan? Nanyang Technological University di Singapore. Kampus super elite yg udah masuk 50 besar unniversitas terbaik di dunia (versi Academic Rank World University) padahal usianya belum genap 50 tahun. Wowowow. Tentunya mau masuk ke tempat yang maha tinggi, usahanya harus tinggi juga. Sip. Gw pun memutuskan untuk FOKUS ke ujian NTU dibanding UN. Gw ambil bimbel di daerah kelapa gading, itunganya jauh mengingat rumah gw ada di daerah jatibening. Gak mau sebut nominal, tp bimbel itu mahal banget. Bimbel khusus persiapan A-Level, harganya hampir sama kayak uang pangkal masuk SMA 81 dengan waktu belajar cuma dari juli-februari. Tapi demi NTU, apapun akan gw lakukan. 

Dua bulan menjelang ujian NTU, gw meningkatkan persiapan gw jadi dua kali lipat. Gw kesekolah udah gak bawa buku sekolah lagi, tapi bawa modul, handout, dan soal-soal try out bimbel A-Level gw. Apalagi setelah gw resmi dikirimkan surat pemanggilan gw untuk ikut tes. Api semangat gw tambah panas aja. Gw bela-belain bolos sekolah demi ikut intensif bimbel gw itu, kalau diitung-itung, ada kali satu bulan gw izin sekolah. Semua demi EEE NTU.


Info aja, saat itu juga gw mencoba ikutan tes NUS atau dikenal juga dgn National University of Singapore. Bukan target pertama, dan agak pesimis karena sudah rahasia umum kalau tembus NUS lebih susah drpd tembus NTU. Tapi siapa sih yg gak mau coba? Siapa sih yg gak punya pengharapan? Maka dari itu gw pun mencoba tes NUS. Tes NUS dan NTU hanya berjarak waktu seminggu. NUS lebih dulu. 

God is a dealer, but He doesn't roll the dice, we do 

Kerikil pertama datang, dua minggu sebelum tes NUS, gw demam. Badan gw panas, mimisan ga berhenti, kalau makan muntah, kepala pusing dsb dsb. Karena gw pikir ini sakit panas biasa, gw gak bilang ke ayah ibu. Gw obatin sendiri dengan minum obat komersil yg beli di apotek dekat rumah. Seminggu lewat, demam itu belum berhenti juga. Muntahnya juga jadi jauh lebih parah. Akhirnya gw pun pergi ke dokter. Jder. Disuruh tes darah karena keluhan gw menunjukkan indikasi gw terkena demam berdarah. Gw nangis. Satu karena gw takut jarum suntik. Dua karena gw gak mau dirawat saat minggu depanya gw harus menghadapi test besar. Hasil tes darah mengatakan hal yg paling gw takuti. Gw positif demam berdarah dan harus dirawat di rumah sakit.


Dokternya kekeuh gw dirawat. Menurut dia drpd tambah parah dan gw malah bener-bener ga bisa ikutan test, mending dirawat aja. Gw minta waktu dua hari. Lusa gw akan balik untuk tes darah lagi. Kalau trombosit gw naik, gw ga perlu dirawat. Sayangnya, tes darah kedua menunjukkan penurunan drastis trombosit gw. Malam itu hari sabtu jam 11 resmi jadi momen pertama gw dirawat di rumah sakit. Gak ada yg nemenin gw. Cuma buku soal fisika dan film harry potter and the goblet of fire yg diputar di trans tv. 

Gw dinyatakan sembuh setelah enam hari dirawat. Gw sangat bersyukur kpd Allah karena masih ngasih gw izin utk ikut test ini. Long story short, gw ikut tes NUS. Minggu depanya tes NTU. Gak ada something special. Yang gw lakukan hanya belajar, belajar, dan belajar. 

Gw ga yakin gw pernah dan akan pernah belajar sekeras saat gw mau ketemu test NTU. 

Habis test NTU, satu hal penting lagi datang. SNMPTN undangan. Gw yang gak gw sangka, dengan mengucap Alhamdulillah, ada di rangking yang cukup bagus, memilih STEI ITB. Sebuah pilihan yang sombong. Namun gw pikir 'yaelah nothing to lose aja kali ul, lagian juga lo gak berhak ngarep dapet undangan. Orang nilai lo di rapot gaib semua gitu. Ulangan nyontek, tugas ga pernah bikin. Lo gak layak berharap undangan.' Setelah dirangking ulang oleh sekolah, gw masuk di zona tidak aman jika memilih STEI. Oke gw turun, gw pilih FTMD. Tapi tetep ITB. Kenapa sih batu banget milih ITB? Padahal kata temen-temen gw dengan rangking yang cukup kayak gw kalau coba kampus lain kemungkinan dapetnya gede. Tapi gw maunya ITB dan gw batu. 

Awal maret dan datanglah pengumuman itu. Cetar. Gw ga dapet NTU. Berselang beberapa hari datang pengumuman kedua. Gw ga dapet NUS.


There comes a time when every bird has to fly 
At some point every rose has to die  

Gw inget banget itu hari rabu sore di inten gw lagi di kantin saat temen gw yg daftar NTU juga datang terburu-buru memberitahu kalau pengumuman hasil test NTU sudah keluar. Deg. Harap harap cemas gw menunggu email dari NTU di hp. Tak lama kemudian, lampu led hp menyala merah tanda ada email masuk. Ternyata mental gw belum siap. Gw matiin hp dan nangis. Padahal belum liat hasilnya. Gw takut abis. Gw udah feeling gak dapet. Pulang inten gw belajar spt biasa, lalu sholat isya. Abis sholat lgsg gw buka tuh email. NTU menolak gw. 

Mental gw hancur, pengharapan gw hilang. Mimpi gw berhenti saat itu. Dunia gw terbalik. Gw hidup 7 bulan terakhir cuma dilandasi satu hal, keinginan gw masuk NTU. Dan saat landasan itu rusak, rasanya gw gak akan pernah bisa lepas landas lagi. 

But life doesn't stop for anybody. Gw mempersiapkan UN dengan mental yg masih lembek sambil sedikit demi sedikit berusaha melupakan mimpi gw tentang NTU. 

UN lewat dan datanglah momen paling torturing yang semua orang harapkan gak perlu mereka lewati. Intensif SBMPTN di bimbel. Gw menyikapi intensif dengan ketekunan yg lebih drpd saat mau UN, gw kerjain proset-proset itu sendirian di rumah sampai jauh malam. Gw habisi buku-buku soal tahun lalu yg selama ini cuma jadi penghias di kamar. Gw kerjain TO inten dengan serius. Sebulan penuh persiapan untuk melawan ribuan saingan peminat kursi ITB lainya. Yup gw tetep batu memilih ITB di SBMPTN jalur tulis. 

Gw pernah dibilang sombong karena milih STEI ITB. Jurusan yang kalau kata passing grade buatan bimbel-bimbel, posisinya nomor satu yang paling susah utk program studi di saintek. STEI ITB ada di atas FK UI. Sombong ya gw? Pinter kagak. Pinter banget apalagi. Cuman tipikal murid biasa yg pilihan kuliahnya gak biasa.

 

However vast the darkness, we must supply our own light


Tanggal 27 mei pun datang dan itu berarti pengumuman SNMPTN jalur tertulis. Hari itu juga sekolah gw melakukan upacara pelepasan kelas 12 yang sudah berhasil melewati UN dan alhamdulillah sekolah gw, SMAN 81 lulus 100%. Habis upacara ada gladi bersih untuk wisuda tanggal 29 nanti. Gw izin gak ikut gladi karena harus ikut test beasiswa ke jepang. Setelah selesai test gw menyusul temen-temen gw yg gladi di balai sudirman karena kita udh rencana mau nonton film aja di mal deket sana, kokas. Biar gak tegang nungguin hasil undangan keluar. Ternyata gak cuman gw dan temen-temen gw yg berpikiran begitu, kita ketemu banyak anak sekolah gw di sana. Siang itu pun kita beli tiket nonton. Gw sama nadsaf memilih great gatsby dan yg lain memilih fast and furious six. Filmnya mulai jam empat kurang limabelas. Padahal kita tau pengumuman dimajukan dari jam enam jadi jam empat sore. Bodo amat, itu pikiran gw dan nadsaf saat itu. 

Sepanjang nnton film itu, gw bener-bener lupa sama yg namanya hasil undangan. Baru setelah keluar bioskop, kepikiranlah yang namanya undangan itu. Gw menawarkan nadsaf utk buka duluan hasilnya pake browser hp gw. Dia gamau, katanya takut. Yowes gw yg buka duluan. Gadapet. Reaksi gw? Gw ketawa. Ya gakpapa ga dapet. Tembus ITB kan emang susah. Lagian nilai rapot gw cuma mencapai status 'cukup'. Bahkan status cukup di rapot itu bukan murni usaha keras gw sendiri. Ada hasil contekan atau bayar orang utk kerjain tugas. I don't deserve to cry dengan alasan gw gak tembus. Berusaha pun tidak, kok merasa dirinya layak nangis? 

Karena sudah waktunya sholat maghrib jalanlah gw dan nadsaf ke musholla. Sehabis wudhu, entah dapat keberanian dari mana akhirnya nadsaf memberanikan diri untuk mencari tahu ttg hasil snmptn undangan nya. Dia gak buka sendiri. Dia telepon ibunya (dia yakin ibunya sudah buka lebih dulu drpd dia). Suaranya bergetar di telepon menanyakan pertanyaan singkat itu "Gimana bu?"


Tiba-tiba air mata menetes ke pipi nadsaf, sambil berbisik ke arah gw, "Alhamdulillah gw iya ul" 

Perasaan gw campur aduk mendengar nadsaf tembus. Tanpa gw sadari, air mata pun ikut menetes ke pipi gw? Lah kok lo nangis ul? Lo gak seneng sahabat lo sendiri dapet kuliah? Ya bukan gitu, gw cuma merasa 'ditinggal'. Dan mostly, gw merasa 'takut'.  

Gw takut mendengar lebih banyak kabar bahagia dari orang-orang yg dekat dengan gw. Gw takut menjadi satu-satunya orang yg masih harus menata mental utk tanggal 18 juni nanti. Gw takut jika pada akhirnya gw ga dapet kuliah. I feel so insecure at the moment, saat gw tau separo dunia ini lagi bersukacita karena mereka berhasil membuka pintu kuliah, pintu itu masih terkunci buat gw. 

Masih di musholla kokas, gw lgsg menelepon temen gw yg lain, nyoman. To be honest, dengaan jahatnya saat itu gw berharap dia gak dapet, hahaha jahat abis ya. Tapi Tuhan punya rencana lain buat nyoman. Tuhan mengizinkan nyoman jadi salah satu orang yang bahagia hari itu. Gw merasa kehilangan pegangan, kehilangan orang yg selama ini berjalan di samping gw karena kita berdua punya tujuan yg sama, STEI ITB. Gw merasa sendiri. Tersesat. Orang-orang terdekat gw sudah berhasil mencapai puncak dan gw masih harus terus mendaki, yg sampe sekarang pun ga ada yg tahu apakah gw akan sampai ke puncak itu atau tidak. I cried over my friends' happiness di saat gw harusnya ikutan seneng buat mereka.

He who would learn to fly one day must first learn to stand and walk and run and dance; one cannot fly into flying 

Gak bermaksud terlihat sok tegar atau kuat, tapi menurut gw, gw lah yg udah paling banyak ngerasain asem pait selama 6 bulan terakhir dibanding temen-temen gw yg lain. Gw udah 3 kali ditolak uni dengan jarak waktu yg berdekatan. Saat gw mencoba menata perasaan gw, belum selesai tertata, ada lagi kabar yg dateng dan menyapu habis semua sisa pengharapan gw. At a point gw pernah mikir sanggupkah? Sanggupkah gw berdiri lagi? Sanggupkah gw menjaga pengharapan kecil ini sampai tanggal 18 juni sembari dikelilingi orang-orang yang bahagia, tapi gw gak termasuk dalam kebahagian mereka itu?


Ada satu kata dari guru konseling gw di inten yg sangat gw ingat. Yang menjadi landasan pacu baru gw, yang menjadi sumber kekuatan gw selama sisa-sisa hari terakhir menuju SBMPTN ini. Dia bilang:
"Jika kamu punya masalah besar jangan katakan pada Tuhan kalau kamu punya masalah besar, tapi katakanlah pada masalah kalau kamu punya Tuhan yang besar"

Well itu aja cerita gw tentang apa yg gw rasain 6 bulan terakhir ini. Maaf kalau akhirnya gantung hahaha. Maaf kalau jarang nulis di blog giliran nulis malah curhat panjang. Semoga gw bisa nulis lagi di blog ini, apakah tanggal 12 juli atau kapan gw gak tau rencana Tuhan, tapi gw berdoa agar bisa menulis kabar baik disini. 

Ohiya, gw juga mencoba seleksi beasiswa mitsui. Alhamdulillah sudah lolos tahap tes tertulis, sudah ikut medical check-up dan psikotest dan akan interview test tanggal 2 juli nanti. Doakan yg terbaik ya 

No comments:

Post a Comment