Monday, February 3, 2014

Zona Kampus Pensador, Januari 2014

Hellaw bog! Haha udah lama banget gak nyentuh blog ini padahal dulu sempet janji buat rajin-rajin ngisi blog setiap kali ada momen berkesan. Meskipun gak ada yang baca ya yaudah lah ya, kan buat kenang-kenangan gw juga soalnya kalau baca postingan lama, suka ngerasa nostalgic gitu. "Kok hidup gw dulu gini banget yaaa?" haha. Dari dulu udah rada oon sekarang malah makin oon. Pengen nulis tentang my life from november 2013-januari 2014 tapi kayanya bakal panjang banget dan sekarang aja gw nyuri-nyuri waktu disaat gw seharusnya belajar fisika. Posting disela jadwal padat gitu. Tsah. Keren banget ya kedengaranya. Kalau kata yuni sih namanya bukan "ambis" tapi "mencukupi kebutuhan nilai"

Post kali ini bakal ngebahas an event yang baru-baru aja terjadi di bulan januari di sma gw dulu, sma 81. Jadi tiap tahun di 81 ada acara pengenalan kampus dari alumni buat junior-junior kelas 12 yang dikasih nama zona kampus. Disini kita ngebahas kehidupan kuliah, prospek kerja, apa aja yg udah kita pelajari dan dapet di kuliah, dll dll pokoknya semacem acara buat motivasi dan tanya-jawab buat kelas 12. Bangga lah rasanya bisa bawa almamater ke sma, nunjukin ke adek kelas (pamer dikit) ketemu temen-temen lama yang udah pake almamater keren juga. Apalagi pas salam ganesha, gw dulu kalau nonton salam ganesha selalu merinding. Kemarin gw yang salam ganesha di depan adek-adek dan guru-guru di sma. Bangga rasanya bisa melakukan salam terbaik dari kampus ganesha.

Terus gw ngelayanin sesi tanya-jawab gitu. Gw kebagian tanya jawab tentang sbm itb, padahal gw anak stei -_- semua gara-gara di pensador ga ada yang masuk sbm padahal di poseidon (angkatan sma 81 ke-20) banyak yang minat masuk sbm. Tapi satu hal yang sering gw perhatiin, yang jadi beban pikiran semua anak kelas 12 adalah "kak, saya bisa gak ya lolos undangan?"

Dalem hati sih gw jawabnya "ya mana tau gw kan bukan panitia undangan" ya tapi ga gitu lah yang gw bilang ke mereka. Jawaban standar gw adalah JANGAN PERNAH berharap sama undangan. Bener kata esa dulu undangan itu daftar, berdoa, dan lupakan. Gak ada juga yang bener-bener tau gimana cara orang bisa lolos undangan kecuali mungkin kalau bapak lo panitia undangan. Lagian menurut gw juga berharap sama undangan bakal bikin lo lengah, semacem lo berpikir peringkat lo udah bagus terus bakal lolos undangan...dan lo jadi lupa belajar.

Dan ikut jalur tulis tuh bukan berarti lo gak pinter kok. Cuma waktunya aja yang beda, Tuhan ngasih temen lo itb bulan mei nah kalau buat lo dikasih itb nya bulan juli. Apa lah bedanya 2 bulan toh ospek nya bareng, mulai kuliah juga bareng. Emang sih beda 2 bulan itu mainin mental banget. Menurut gw semua orang bisa, pertanyaanya adalah siapa yang bisa dan percaya kalau dia bisa. 2 bulan tidur tengah malem bangun pagi buta, 2 bulan ga nonton bioskop, 2 bulan ga ke mall, 2 bulan ga beli gogirl, 2 bulan ga nonton drama korea itu semuanya bakal kebayar kok nanti bulan juli di website jalur tulis ada kata-kata SELAMAT. Jangan pernah takut mimpi tinggi, asal mau usaha yang tinggi juga. Kalau kata ayah gw "kalau punya mimpi ya usaha nya yang ikutin. Kalau mimpinya tinggi usahanya harus tinggi. Jangan karena usahanya rendah mimpinya jadi ikutan rendah"

Di zonkam ini juga gw ketemu beberapa temen gw yang dulu pernah bermimpi untuk kuliah di bumi ganesha, tapi karena satu dan lain hal, setelah banyak pertimbangan, mereka memilih untuk tidak melanjutkan mimpinya ke ganesha. Gw sih yaaaa bilang alhamdulillah pas mereka lolos undangan ke universitas lain pilihan mereka. Tapi gw berbicara sama beberapa orang, yang padahal mereka udah satu semester di kampus lain dan mereka bilang "gw kadang-kadang masih suka kepikiran kampus lo ul"

Yang bikin gw sedih adalah gw tau beberapa di antara mereka takut melewati fasa jalur tulis. Sebetulnya siapa sih yang nggak? Gw ngaku kok pas wisuda gw nangis waktu dipanggil satu-satu yang lolos undangan dan ppkb (jalur paralel ui). Karena di angkatan gw ada sekitar hampir 200 yang lolos ya kita-kita yang gak lolos merasa kecil aja gitu. Yang mau gw bahas di sini adalah nangis-nangis itu adalah tahap yang emang mungkin banget lo lewatin kalau lo stick into your dream.

Gw dulu semester 4 rangking kedua dari belakang, rangking paling belakangnya diarih oleh puti. Semester 5 juga rangking kedua dari belakang lagi, padahal gw udah belajar. (Sorry kalau kedengaranya sombong banget) tapi liat sekarang gw bisa jadi bagian dari keluarga mahasiswa itb sekolah teknik elektro dan informatika. Sedangkan si puti? Sekarang dia ada di fakultas teknik mesin dan dirgantara. Gw dan puti adalah bukti nyata dari usaha keras dan doa gak akan mengkhianati. Bukti nyata kalau gak ada orang yang bego di dunia ini, yang ada cuma orang yang gak mau usaha. Ga usah takut sama ramgking-rangking undangan, apalagi kalau sekolah di sma 81, toh nilai lo gaib semua kan. Rangkin bontot bukan berarti gak mampu dan rangking atas bukan berarti mampu. Pendapat pribadi gw, no offense.

Juga satu hal lain, gw pengen junior-junior 81 untuk membuka mata sama pilihan-pilihan lain di luar sana selain ptn. I mean, swasta juga ga kalah bagus kok. Kayak universitas parahyangan di bandung, jurusan arsitek nya terbaik di indonesia ngalahin ptn macam itb atau ui. Jangan terlalu diracun lah sama guru-guru kolot yang bilang harus ptn ini itu. Kalau lo mau coba buka pilihan insyaAllah peluang juga bakal kebuka buat lo.

Dulu gw pernah merasa disinggung banget karena ditanya "kenapa sih ul ngotot ntu banget itb kan juga bagus" gw cuman mikir dalem hati gila nih orang pikiranya kerdil abis dunianya udah diracun ptn kali ya. Menurut gw itu sama aja kayak nanya pilih mana, lamborghini gallardo atau xenia. Pantesan orangnya kaga maju-maju sampe sekarang, pikiranya kecil banget gitu, statis dan ga terbuka. Salah juga sih emang sekolah dan bimbel terlalu ngeracunin ptn. Untung ayah gw pikiranya ke depan. Gw disuruh ikut macem-macem tes swasta dan beasiswa. Kalau dirinci  (in specific order) kampus yang gw coba ada:

1. Swiss-German University: Daftar mechatronics engineering. Alhamdulillah keterima dan dapet scholarship juga
2. Universitas Parahyangan: Daftar teknik sipil. Alhamdulillah diterima
3. Universitas Katolik Atma Jaya: Daftar pendidikan dokter. Alhamdulillah diterima
4. Nanyang Techological University: Daftar electrical & electronic engineering. Ditolak
5. National University of Singapore: Daftar electrical & electronic engineering. Ditolak
6. Hong Kong University of Science and Technology: Daftar jurusan engineering. Alhamdulillah diterima
7. SNMPTN Undangan: Daftar FTMD ITB. Ditolak
8. Prasetya Mulya Business School: Daftar jurusan accounting. Alhamdulillah diterima.
9. Beasiswa Mitsui-Bussan: Lolos ke tahap tes kesehatan, tes psikologi, dan wawancara. Diambil 2 dari 12 orang. Ditolak
10. SBMPTN Tulis: Daftar STEI ITB. Alhamdulillah diterima
11. SIMAK UI: Daftar teknik metalurgi & material reguler. Alhamdulillah diterima
12. Ujian masuk UGM: Daftar pendidikan dokter. Alhamdulillah diterima
13. Beasiswa Monbukagakusho: Daftar program S1. Lolos ke tahap wawancara tapi gak sempet ikut karena lagi ospek di bandung Nyesel banget :'(

Point gw adalah, sebelum bisa meraih institut terbaik bangsa ini, gw sudah mengalami banyak kegagalan (dan keberhasilan) dan emang jalan panjang itu yang akan lo tempuh kalau lo berani bermimpi tinggi. Percaya sama gw, kalau udah di puncak, pemandanganya bakal indah banget. Percaya kalau semua usaha keras lo bakal dibayar kontan sama Tuhan. Karena gak ada mimpi yang terlalu tinggi selama kita mau berusaha dan berdoa.

Good luck and God bless!

No comments:

Post a Comment